PARA pencinta kucing sebaiknya kini makin hati-hati. Sebuah studi terbaru di Denmark mengungkap hasil yang mengejutkan. Pasalnya, perempuan yang terkontaminasi kotoran kucing rentan untuk melakukan bunuh diri dan mengalami gangguan mental.

Hipotesis itu didapat setelah para peneliti melibatkan lebih dari 45 ribu perempuan. Penelitian itu mengungkapkan bahwa perempuan yang terinfeksi parasit Toxoplasma gondii (T. gondii) memiliki risiko 1,5 kali lebih tinggi untuk bunuh diri ketimbang mereka yang tidak terinfeksi.

Parasit T. gondii bersemayam dalam usus kucing. Orang bisa terinfeksi saat mengganti kotak tempat kotoran kucing, melalui makanan yang terkontaminasi atau dimasak tidak terlalu matang, sayuran yang tidak dicuci, atau air yang tercemar.

Risiko bunuh diri tersebut, lanjut para peneliti, akan meningkat lagi bila dalam darah orang tersebut memiliki tingkat antibodi terhadap parasit yang lebih tinggi. Para peneliti mengatakan, parasit tersebut menginfeksi sekitar satu dari tiga orang di seluruh dunia. Namun gejala yang timbul biasanya tidak terlihat atau hanya sedikit.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright 2010 Dark Phoenix
Phoenix Dark Premium Blogger™ template by Burhan Phoenix